Membuat Virtual Machine di VirtualBox

CARA MEMBUAT VIRTUAL MACHINE DI VIRTUALBOX

Pada postingan kali ini saya akan membagikan cara mebuat Vitual Machine pada Oracle VM VirtualBox. Sebelum itu untuk kalian yang belum mengetahui Virtual Machine bisa mampir ke postingan sebelumnya yang membahas apa itu Virtual Machine dan beberapa software yang digunakan untuk membuat Virtual Machine. Oke sekarang kita akan membuat Virtual Machine di VirtualBox.

Langkah pertama yaitu pastikan kalian sudah mendownload dan menginstal VirtualBox terlebih dahulu.
kemudian masuk ke software VirtualBox nya.


Setelah masuk pada VirtualBox klik New

Setelah meng-klik New maka akan muncul new virtual machine wizard. Di sana kalian diminta untuk memberi nama untuk Virtual Machine yang akan dibuat di sini saya memberi nama winxp. Untuk penamaanya sendiri itu sesuai keinginan kalian. Lalu memiliih jenis Operating System yang digunakan. Pada VirtualBox sudah mendukung tiga Operating System yaitu Windows, Mac OS, serta Linux. Kemudian kalian memilih product dari Operating System yang kalian pilih tadi.





















Setelah diisi nama dan memilih Operating System klik Next dan kalian akan mengatur memory (RAM) yang akan digunakan dalam Virtual Machine, dalam mengatur memory (RAM) kalian bisa mengesernya saja tetapi tidak direkomendasikan sampai ke warna merah lalu klik Next.



Kemudian pilih create a virtual hard disk now dan klik create


Setelah itu kalian akan diminta untuk memilih jenis hard drive yang akan digunakan di sini kita bisa memilih VDI. Untuk kalian yang belum mengetahuinya kalian bisa mampir ke Jenis Hard Drive pada VirtualBox.



Lalu klik Next dan kalian disuruh memilih antara Dynamically allocated atau Fixed size. Yang dimaksud Dynamically allocated adalah file ini nantinya akan mengembang dan Fixed size adalah file nya tetap atau tidak mengembang di sini saya memilih dynamically allocated.


Setelah menentukan Dynamically allocated atau Fixed sise kalian klik Next. Kemudian kalian akan mengatur ukuran Hard Disk yang akan kalian pakai untuk Virtual Machine kalian lalu klik create.


Proses membuat Virtual Machine di VirtualBox telah selesai.



Ya itulah cara membuat Virtual Machine di VitualBox semoga bermanfaat. Untuk cara menginstal Operating System di VirtualBox kalian bisa melihatnya di postingan berikutnya.

Share on Google Plus

About Afakhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar